Makan Buah Tidak Dicuci, Wanita Ini Menderita Gejala Kanker Usus

DokterSehat.Com– Seorang ibu dua anak di Inggris menderita penyakit tropis langka, yang diketahui karena memakan buah yang tidak dicuci, membuatnya menderita karena gejala kanker usus lebih dari dua tahun.

Anna Gilmour (39) dari Esher, Surrey, mulai kehilangan berat badan dan menderita diare pada tahun 2015, mendorongnya untuk didiagnosis dengan giardiasis (infeksi usus).

Setelah bertahun-tahun mengalami kembung dan sakit perut, Gilmour, seorang manajer wawasan Waitrose, merasa lega ketika akhirnya mereda, hanya untuk ketidaknyamanannya kembali sekitar 12 bulan kemudian.

Gilmour menerima berita yang membuatnya terpuruk bahwa dia menderita tumor.

“Kanker memiliki gejala giardiasis dan IBS yang sama, jadi saya selalu mengira hanya itu saja,” kata Gilmour.

Setelah menjalani delapan minggu kemoterapi dan operasi yang melelahkan untuk mengangkat tumor, Ibu Gilmour sekarang bebas dari kanker dan berbicara untuk meningkatkan kesadaran akan kondisi pada orang muda.

Sekitar 41.200 orang didiagnosis menderita kanker usus setiap tahun di Inggris.

“Diagnosis saya membuat kita semua berada dalam arah yang salah. Ketika kita melihat alternatif, setelah lebih dari setahun, kita semua menyusuri rute penyakit radang usus besar (IBD), seperti yang terjadi di keluarga saya” ungkap Gilmour, seperti dikutip dari Daily Mail.

“Tidak beruntung kalau saya menderita giardiasis dan kanker. Apa kemungkinan itu terjadi,” tanya Gillmour.

Setelah Ibu Gilmour diberi tahu bahwa dia memerlukan operasi untuk menyingkirkan tumor dan kemoterapi, untuk membunuh sel kanker yang tersisa, dia pulang ke rumah untuk menyampaikan kabar tersebut kepada anak-anaknya.

Gilmour memberi tahu keluarganya betapa tidak mudahnya dan hanya kejujuran dengan mengatakan dengan cara apa yang mereka mengerti.

Ketika Gilmour menjalani kemoterapi, Sam, anak laki-lakinya yang berusia tujuh tahun menggunakan Star Wars untuk membantunya mengerti. Dia bilang seperti mereka telah melepaskan bintang kematian tapi masih ada pesawat tanpa kabel yang tergantung.

Sekarang saat remisi, Gilmour baru saja kembali bekerja dan ingin membantu orang lain memahami gejala kanker usus.

Gilmour tidak berpikir tentang kanker usus, tapi ini menunjukkan bahwa itu bisa terjadi pada siapa saja. Saya melihat statistik dan saya tahu orang-orang muda didiagnosis begitu terlambat.

Gilmour beruntung dan akan terus membangun kekuatan dan kembali normal pada 2018, namun orang harus waspada terhadap gejala dan dokter perlu mengetahui bahwa hal itu bisa terjadi pada orang muda.

Gilmour sedang bersama kakaknya Vicky (41), yang bekerja di Rumah Sakit St Mark London, saat dia harus buru-buru menggunakan toilet. Setelah memberikan sampel tinja ke dokternya, tes menunjukkan bahwa Gilmour menderita giardiasis.

Setelah Ibu Gilmour mengatakan kepada dokter bahwa satu-satunya perjalanan ke luar negeri pada tahun lalu ke Majorca bersama keluarganya, dia menyarankan agar dia tidak mengonsumsi buah yang tidak dicuci.

Dia tidak tahu jenis buah apa yang dia makan saat dia terkena infeksi atau berapa lama setelah memakannya dan dia menjadi tidak sehat. Dokter mengatakan kepadanya bahwa dibutuhkan waktu hingga empat tahun untuk pulih sepenuhnya.

Gilmour khawatir bahwa ia menderita IBD. Saudaranya bernama David, memiliki Crohn’s dan Gilmour memiliki semua gejala yang sama.

“Saya merasa tidak sehat, tapi tidak seburuk saat saya menderita giardiasis, jadi saya pikir itu hanya IBS pasca infeksi. Saya baru berumur 38 tahun. Rasanya sangat muda,” Gilmour mengeluhkan.

Ketika tes darahnya untuk IBD kembali jelas, Gilmour mencoba berpikir dan berangkat ke Australia untuk berlibur impian pada bulan Desember 2016.

Namun, selama perjalanan, kesehatannya memburuk. Bahkan dia hampir tidak bisa makan apapun. Perutnya kembung seperti hamil enam bulan.

Ketika sampai di rumah, Gilmour bertemu dengan saudara perempuannya, yang khawatir dengan saya dan meminta saya menemui seorang spesialis swasta. Dia pikir mungkin giardiasis telah mengalami kerusakan permanen.

Dalam sebuah pertemuan dengan seorang dokter di Harley Street pada bulan Maret 2017, tes darah lebih lanjut menunjukkan bahwa kadar vitamin dan zat besinya sangat rendah.

Gilmour tidak berpikir tentang kanker ketika di rumah sakit, namun saya menyadari bahwa saya menderita kanker usus.

“Kanker memiliki gejala giagasis dan IBS yang sama, jadi saya selalu mengira hanya itu saja. Aku hancur. Umurku baru 38 tahun. Rasanya sangat muda,” pungkas Gilmour.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.